Friday, January 9, 2015

Helikopter Serbaguna Pembawa Jenazah Air Asia QZ 8501


Proses pencarian dan evakuasi jenazah Air Asia QZ8501 masih terus berlangsung. Dengan adanya helikopter, hal ini sangat membantu dan sangat dibutuhkan selama berlangsungnya proses pencarian korban.

Meskipun helikopter tersebut memiliki peran penting, namun pengoperasian helikopter masih bergantung pada kondisi cuaca agar dapat mengudara dengan baik. Penasaran heli apa saja yang digunakan untuk membantu proses evakuasi jenazah?

1.       Super Lynx
Super Lynk adalah sebuah helikopter militer buatan Inggris.Heli ini mulai dioperasikan pada tahun 1997. Heli ini dilengkapi dengan mesin Rolls Royce Gem 42-1 turboshaft. Heli ini juga memiliki volume pada ruang kabin sekitar 5,2 m kubik dan dapat menampung 9 tentara. Sedangkan kapasitas tampung kargo mencapai 1.360 kg.

2.       Sea Hawk SH-60
Sea Hawk merupakan heli dengan utilitas utama-menengah dan bermesin ganda. Heli ini juga kerap digunakan sebagai pendeteksi kapal selam, pencegahan penyelundupan kargo, narkoba dan operasi khusus lainnya. Heli ini juga dilengkapi dengan teknologi sonar dan juga 6 tabung peluncur torpedo.

3.       Eurocopter AS365 Dauphin
Nama Dauphin pada heli ini diambil dari kata lumba-lumba atau Dolphin. Eurocopter AS365 Dauphin merupakan heli bermesin dua yang diproduksi oleh Airbus Helicopter. Heli Dauphin yang dimiliki oleh Basarnas bertipe AS365 N3. Heli ini mampu beroperasi dalam dua iklim yaitu panas maupun dingin. Jika mengudara heli ini mampu berlari hingga 306 km/jam .

Baca juga!
http://tech.dbagus.com/daftar-pesawat-tempur-indonesia
http://tech.dbagus.com/kapal-induk-tercanggih
http://tech.dbagus.com/helikopter-tempur-tercanggih
http://tech.dbagus.com/kapal-selam-tercanggih-di-dunia
http://tech.dbagus.com/pesawat-tempur-tercanggih
http://tech.dbagus.com/teknologi-rudal-tercanggih-di-dunia
http://tech.dbagus.com/teleskop-luar-angkasa-plato
http://tech.dbagus.com/perkembangan-robot-di-dunia
http://tech.dbagus.com/cara-merawat-smartphone
http://tech.dbagus.com/5-cara-mendeteksi-malware

No comments:

Post a Comment